pages

Saturday 14 May 2011

Simply Marketing



Brosis, siap2, kita akan mulai materi "Simply Marketing", strategy memenangkan persaingan... Info kawan2 yaa... #YEAmarket

i.Byk org membuka usaha hy modal berani, salahkah? Tdk, drpd tak action2. Namun segala sesuatu itu ada ilmunya. #YEAmarket

ii.Sy byk mengalami kegagalan usaha, krn pake sistem trial error (byk errornya). Krn itulah sy bertekad u/ mencari 'ilmunya'. #YEAmarket

iii.Ternyata, dg 'berhenti SeJeNak', menyusun STRATEGI, kita dpt mengEliminasi keGaGalan & mengAkselerasi keSukSesan. #YEAmarket

iv. U/ materi ini adlh materi revolusioner, krn terbukti berhasil mengajarkan marketing di YEA hy dlm waktu 2jam saja. #YEAmarket

v.Ide materi ini adlh sumbangan twin sy @ipphoright kpd @YEAindonesia... Kita melakukan sedikit modidikasi di deliveringnya. #YEAmarket

1. Let's start... Simply Marketing... ayoo kita simak cerita berikut ini... "DEMI CINTA...". #YEAmarket
2. Elang adlh prjaka yg tulus, pkerja keras & setia. Ia menemukan seorg wanita yg tlah lama dia impikan, Cinta(tanpa Laura). #YEAmarket
3.Mslhnya, Elang kalah start dgn Peter (tanpa Pan). Peter tlah menjadi kekasih Cinta selama 2 tahun... #YEAmarket
4. Elang berprinsip slama janur kuning blm melengkung, msh ada harapan bg dirinya... #YEAmarket
5. Apalagi Elang yakin bhw dia bs lbh membahagiakan Cinta dibandingkan Peter... ciee... #YEAmarket
6. Jk Anda adlh Elang, apa yg akan Anda lakukan u/ mendapatkan Cinta? Jwb yaa... 3menit! #YEAmarket
7. Cerita Perang: Jika Anda adlh seorang Jendral dari sebuah kerajaan. #YEAmarket
8. ...Raja memerintahkan Anda untuk melakukan upaya pembebasan suatu wilayah dari penjajahan musuh... #YEAmarket
9. Apa yang akan anda lakukan untuk memperebutkan wilayah tersebut? Jwb yaa... 3menit! #YEAmarket
10. Marketing adlh gambaran yg serupa dg kedua kisah diatas... Jadi marketing adlh... SRATEGY..............?! #YEAmarket
11.Byk org slh kaprah 'marketing' adlh 'selling'..Tepatnya, Selling adlh bag drMarketing.Bgmn dg Promosi?-->bag dr Marketing jg. #YEAmarket
12. Begini alurnya: Positioning(Strategy)--> Promotion(Kampanye)--> Selling(Closing). Mari kita perdalam Positioning. #YEAmarket
13. Positioning adlh sesuatu yg terjadi pd benak konsumen, bkn semata pd produk Anda. Paham/bingung? Begini contohnya.. #YEAmarket
14. Apa bedanya nasi goreng kaki lima dg bintang lima? kaki lima berharga Rp.8000, btg lima berharga Rp.80.000. Koq bisa? #YEAmarket
15. Apakah telornya 10x lbh byk? Sama tuh 1 pc. Apakah ayamnya 10x? Nasinya 10x? atau rasanya 10x lbh enak? blm tentu! #YEAmarket
16. Trus apa bedanya? Btg 5 lbh higinis,rapi,tmptnya nyaman,timun&tomatnya dipotong cantik sbg hiasan.Mslh rasa,blm tentu menang! #YEAmarket
17. Apakah larutan cap kaki 3 benar2 dr cula badak? blm tentu, tp di benak konsumen diyakini "Iya" & berkhasiat. #YEAmarket
18. Apa bedanya gula kiloan dg merk Gulaku? Knapa hrgnya 20% lbh mahal? Knapa Coca Cola lbh laku dr Pepsi? #YEAmarket
19. Apa beda pisang Del Monte? #YEAmarket
20. Kacang 2 kelinci low colestrol? Kacang garuda jg tuh! Apa bedanya? 2 kelinci lbh dahulu memPositioningkannya! #YEAmarket
21. Itulah yg disebut perang positioning. Al Ries mengatakan bhw Postioining adlh "Perang di benak konsumen"(bkn di produk) #YEAmarket
22. Positioning adlh strategy memenangkan peperangan di benak konsumen. Positioning bknlah asal dibuat dg feeling.... #YEAmarket
23. Bgmn cara menemukan positioning yg ampuh, hingga mengalahkan merk2 kompetitor lainnya? bersambung bsk yaa, jam yg sama... #YEAmarket

Lanjutan  (29 April 2011)

Siap2 yaa, materi Simply Marketing, lanjutan yg kmrn... Info kawan2 yaa... #YEAmarket
Kmrn kita tlah mengenal apa itu Positioning--> "Sesuatu yg terjd pd benak konsumen, bkn pd produk Anda".
Pertyannya: Bgmn menemukan positioning yg tepat? Berikut adlh metode yg mudah dimengerti u/ menemukan positioning...
Alurnya: SpecificTargeting-->DoubleSWing-->Differentiating-->Positioning. Jgn takut dg istilahnya, kita buat simple!
1.Specific targeting; tentukan spesifik target pasar Anda, kriteria keinginan2 & kebiasaan mrk. Smakin detail, smakin bagus
1a.Contoh1: min SMU, 17-25thn, single, bkn karyawan, klas A,B,C, IQ 120 keatas, suka kebebasan, komunikatif.
1b.Contoh2: wanita karir, 25-45th, kasual, mandiri, karyawan/profesional, klas A,B, cuek, gengsi.
1c.Smakin detail Anda bisa mendeskripsikan Spesifik Target Pasar Anda, smakin mudah Anda membidiknya.
1d.smakin tergambar dg jelas SIAPA mrk, DIMANA mrk biasa 'hang around' & MENGAPA mrk tertarik dg produk Anda!
1e.Selanjutnya, dr target tsb hrs kita ketahui "Apa KRITERIA produk/servis yg mrk INGINKAN?". Hal ini didpt dr survei. #YEAmarket
1f.Cnth, Cinta menyukai lelaki yg: 1.Ganteng;2.Punya Rumah;3.Penghasilan min 20jt/bln;4.Kebapakan;5.Sedikit cuek;6.Berkaca mata. #YEAmarket
1g.Nah, kriteria itu msh dangkal tanpa data prosentasi atau prioritas mana yg terpenting & yg tak terpenting. #YEAmarket
1h.Maka dr itu, kita hrs memasukkan elemen prioritas dlm survei.Dg cara meminta urutan dr yg terpenting hingga yg tak terpenting. #YEAmarket
1i.Misal,dr cnth diatas,didpt urutan:3-2-5-1-4-6.Semua data itu bs didpt dg membagikan kuesioner(kuantitatif)/diskusi(kualitatif).#YEAmarket
1j.Jk perush kt msh kcil & tak mungkin melakukan survei scr akurat,lakukan scr kualitatif.Caranya dg membentuk klompok diskusi. #YEAmarket
1k.Misal: kumpulkan 5 org tim diskusi yg mewakili (serupa) dg target pasar kita. Lakukan diskusi u/ mendapatkan data2 diatas. #YEAmarket
2.Double SWing;memetakan persaingan & posisi kita thd pesaing. Mirip spt SWOT, tp sy lbh suka menggunakan Double SW. #YEAmarket
2a.Double SW(Strength & Weakness) artinya, memetakan SW kompetitor & SW kt-->terhadap Kriteria&Prioritas (Needs) Target Pasar kt. #YEAmarket
2b.Misal,Peter memiliki 'S' dimata Cinta: ganteng, berkaca mata, punya rmh. 'W'nya: terlalu perhatian, kekanakan, gaji 10jt/bln. #YEAmarket
2c.Elang,memiliki 'S' dimata Cinta: ganteng,cuek, punya rmh,penghasilan 35jt/bln(pengusahaha).'W'nya: kekanakan,tak berkaca mata. #YEAmarket
2d.Nah, dr situ kita dptkan peta persaingan antara mrk berdua dimata Cinta! Mnrt Anda, apa kelebihan Elang dibanding Peter? #YEAmarket
2e.Jk tingkat kompetisi msh rendah, maka kita bisa gunakan KEUNGGULAN BERSAING! Contohnya adlh kasus Peter & Elang. #YEAmarket
2f.Jk tingkat kompetisi terlalu tinggi (byk), kt hrs gunakan DIFERENSIASI. Tp ingat, Berbeda itu Mahal! Krn perlu edukasi pasar. #YEAmarket
2g.Kita lanjut esok yaa u/ tahap ketiga Differentiating... Endapkan & tanyakan jk krg jelas. Tp korelasi dg materi. #YEAmarket


Senin/ 02 Mei 2011 (20.00 WIB - Selesai)
Brosis, nanti malam (20:00WIB) kita lanjutkan materi Simply Marketing yaa... Yg ketinggalan, segera baca #YEAmarket
Siap2 melanjutkan materi Simply Marketing... Bagi yg terlewat, cari ya di #YEAmarket
3.Differentiating; menemukan celah u/ memenangkan persaingan! (diferensiasi=perbedaan). #YEAmarket
3a.Sblm kita lanjut ke materi berikutnya, coba buka kembali materi sblmnya ttg 'Double SWing'.... #YEAmarket
3b.Apa 'keunggulan bersaing' Elang yg tak dimiliki oleh Peter --> dimata Cinta? Jwbnya: Cuek & Penghasilan 35 jt/bln. #YEAmarket
3c.Dari 2 keunggulan tsb, berdasarkan prioritasnya adlh 'Penghasilan min 20jt/bln', baru kmdn 'cuek'. #YEAmarket
3d.Jk ternyata kompetisinya sgt ketat & tak ada celah u/ menang dr 'keunggulan bersaing', barulah kita gunakan diferensiasi. #YEAmarket
3e.Diferensiasi bs di 2 hal: 1.Konten; pd produknya 2.Konteksnya; pd kemasan atau 'deliverinya'. #YEAmarket
3f.Konten, sgl sesuatu yg berhubungan dg produknya. Contoh: lbk gurih, variasi rasa, material, kualitas, kandungan, dll. #YEAmarket
3g.Konteks, sgl sesuatu yg berhubungan diluar konten, spt kemasan, atmosfer, model, hiasan, image, servis, dll. #YEAmarket
3h.Bisa jd produk dg konten yg sama, dg kemasan beda, hrgnya jd beda. Contoh: Gula curah vs 'GULAKU'; nasgor kaki 5 & bgt 5. #YEAmarket
3i.Contoh lagi: apa bedanya maskapai Garuda vs lainnya? Pswt yg sama, bisa beda harga! Kopi di warkop vs Starbuck? #YEAmarket
3j.Bisa dikatakan dg bermain diferensiasi di 'konteks' menaikkan 'nilai jual' & profit produk/ jasa Anda! #YEAmarket

4.Positioning; memposisikan di benak konsumen. #YEAmarket
4a.Msh ingat awal materi ttg apa itu positioning? Sesuatu yg terjadi pd benak konsumen, bkn semata pd produk Anda. #YEAmarket
4b.Dari keunggulan bersaing atau diferensiasi yg Anda dptkan dr proses diatas, pilih 1 atau 2 yg terbesar prioritasnya. #YEAmarket
4c.Dlm kasus Elang, post-nya: Gaji diatas 20jt & Cuek. Nah inilah yg harus dikomunikasikan di benak Cinta. Caranya? PROMOSI! #YEAmarket
4d.Positioning bs dikomunikasikan dlm bentuk tagline spt "Always Coca Cola" atau "Apapun.... Minumannya Teh Botol Sosro"#YEAmarket
4e.Tentu saja pemilihan tagline harus selaras dg positioning & dg bahasa yg 'kena' atau 'nancap' di benak konsumen. #YEAmarket
4f.Sampai disini Anda tlah mendapatkan strategy u/ memenangkan persaingan, selanjutnya adlh meng-KAMPANYE-kan strategy Anda. #YEAmarket
4g.Promosi adalah mengkampanyekan positioning! Ikuti episode berikutnya: "Creative Promotion".... Info ke kawan2 yaa... #YEAmarket

Pemateri / Mentor :  @JayaYea (Juragan |Young Entrepreneur Academy| Entrepreneur Camp).
Tanggal : 28-29 April 2011, 02 Mei 2011 
Jam : 20.00 WIB - 21.00 WIB
Tempat : Aula Twitterland Pengusaha, Indonesia


Materi kultwit ini dalam format word dapat di unduh di sini YEAMarket.docx


No comments:

Post a Comment