pages

Saturday 14 May 2011

Tangga Mimpi Seorang Pengusaha

Tweeps sekarang kita sharing ttg "Tangga Mimpi Seorang Pengusaha".
tweet ini repost tweet saya waktu followernya 300-an, berhubung sekarang followernya sudah hampir 1 juta (kurang lebih 995.097) jadi bisa di ulang.




1.  Setiap orang pada dasarnya bisa menjadi pengusaha... namun setelah ACTION banyak yang gagal tapi banyak juga yang sukses; sukses dan gagal itu memiliki pola, intinya setiap sukses dan gagal pasti ada jejaknya.

2. Tangga mimpi menjadi pengusaha, bisa diartikan sebagai sebuah proses yang tidak bisa dipotong alias jalur alamiah seorang pengusaha.

3. Banyak orang yang ingin mengambil cara-cara yang instan, baru buka usaha mau cepat kaya,.. biasanya mah malah ngak kaya-kaya

4. Proses tidak bisa dilewati tetapi dinikmati

5. Rugi atau untung itu akumulasi dalam perjalanan kita menjalankan usaha, jangan belum apa-apa sudah mengaku rugi atau belum apa-apa sudah mau untung besar

6. Bisnis juga sama seperti olah raga, perlu latihan, fokus dan konsisten supaya kita cepat mahir atau terlatih.

7. Pernah dengar begitu presisinya michael jordan setiap dia melempar bola ke keranjang basket, dia berlatih 350 lemparan setiap hari.

8. Kalau kita lihat para pengusaha sukses, mereka juga melakukan hal yang sama, berlatih terus dan tidak pernha berhenti

9. Pengusaha berlatih dengan Rugi, ditipu orang bahkan sampai bangkrut, tetapi mereka tetap bangkit dan mau mencoba lagi.

10. Makanya berlatihlah dengan usaha-usaha yang sederhana2 dulu, kemudian mimpikan dari suatu yang sederhana bisa menjadi hebat nantinya.

11. Jangan dibalik, kebanyakan kita baru mulai usaha, mikirnya mau langsung yang hebat-hebat, akhirnya mah nggak mulai-mulai, melangkah saja dulu

12. Mari kita lihat siklus perjalanan sebuah usaha seperti apa

13. 1. Inception atau permulaan, dalam fase ini seorang pengusaha biasanya masih lemah, dalam sistem dan keuangan dan masih kerja sendiri

14. Di fase #1 biasanya seorang pengusaha masih merangkap sebagai investor, bagian keuangan, marketing sampai dengan office boy atau OB

15 2. Prototype, dalam fase ini biasanya sudah mulai memiliki pengetahuan berdasarkan pengalaman-pengalaman yang dilalui sehingga bisa membuah model/prototype

16 Di tangga #2, biasanya masalah yang dihadapi lebih pada permodalan untuk mengembangkan usaha, ditangga ini masih belum dilirik bank.

17. Di tangga #2 karena belum dilirik bank yang mungkin dilakukan adalah menggandeng angle investor, bisa ortu, teman, saudara bahkan sampai rentenir.

18 Di tangga #2 masalah yang dihadapi biasanya berkaitan dengan kemitraan, pastikan setiap kerja sama selalu dimulai dengan hitam di atas putih.

19. Di tangga #2 hati-hati dalam bermitra karena sistem kita belum teruji, marketnya juga belum terbentuk, pastikan dalam bermitra siap sama-sama terima resiko.

20. 3. Di tangga ke tiga atau "Roll Out" kita pasti sudah lebih terlatih lagi dan mulai bisa melepaskan diri dari masalah-masalah yang ada.

21. Di tangga #3 orang-orang sudah mulai bisa melihat pertumbuhan usaha kita, biasanya mulailah masuk permodalan dari korporat seperti dana pensiunan dll.

22. Di tangga #3 ini biasanya seorang pengusaha sudah mulai bisa "bernafas" karena pengalaman sudah cukup dan mulai bisa mengendalikan cashflownya

23. 4. Tangga empat "Rapid Growth" di fase ini kita sudah bisa dikategorikan terlatih, mulai bisa ekspansi ke mana-mana, karena sudah memiliki sistem dan SDM

24. Di tangga #4 ini permodalan sudah tidak lagi menjadi masalah karena bank sudah mulai melirik dan investor pun sudah mulai berdatangan sendiri.

25. Di tangga #4 tapi harus hati-hati, ekspansi yang gencar tapi diimbang persiapan sistem dan SDM malah bisa jadi bumerang

26. Di tangga #4 pastikan segala sesuatu sudah siap, sistem yang terus di update dan menggunakan SDM berpengalaman

27. Di tangga #4 banyak juga pengusaha yang masuk ke fase ini terlalu cepat, akhirnya hilang kepercayaan. di fase ini pastikan sudah betul-betul siap

28. Di tangga #4 ini harus hati-hati , setiap investasi harus betul-betul digunakan untuk ekspansi bukan eksperimen.

29. 5. tangga 5 "expansio" seorang pengusaha sudah mulai memikirkan untuk menambah usahanya bisa di intensifikasi atau diversifikasi bisnis lain.

30. Di tangga 5 ini sudah bisa dipastikan bahwa sistem yang bekerja, tugas pengusahanya hanya bermimpi "mau buka apalagi ya ?"

31. Nah ini dia tangga yang paling oke #6 "Maturity" di fase ini sudah bisa dipastikan seorang pengusaha posisinya sudah betul-betul "establish"

32. Di tangga #5 permodalan  sudah bisa di Go Public kan atau IPO Innitial Public Offering, jangan bayangin kita dapat berapa yang jelas banyak dech.
nah itulah dia tangga perjalanan sebuah usaha di seluruh dunia, pertanyaannya berapa lama kita bisa melewati tangga-tangga tersebut?

33. Jawabannya adalah relatif, tapi semakin kita yakin, fokus dan konsisten maka tangga demi tangga relatif bisa kita lewati dengan cepat.

34. Tangga adalah proses, jangan pernah merasa gagal kalau kita baru melewati satu anak tangga, nggak ada kata gagal cuma caranya saja belum benar.

35. Alhamdulillah saya (@ranggaumara) bisa sampai pada tangga #4 pada tahun ketiga, sejak saya mulai usaha dan banyak yang jauh lebih cepat dari saya, coba tanya mas @jayaYEA

36. Dulu saya hampir 5 tahun kerja di perusahaan developer gaji nggak naik-naik, minta naik malah disuruh cari di tempat lain.

37. 6 bulan mulai usaha sudah dapat 3 juta sebulan, terus mikir kalau punya 10 cabang berarti 30 juta dst.. dst

38. Sementara sudah kerja hampir 5 tahun, gaji hampir sama kaya mulai usaha, gaji saya dulu 3 koma alias tanggal tiga sudah koma abis bis bis.

39. Tanggal 28 gajian terus setor istri (ga bisa di refund), bayar cicilan motor, kontrakan dkk, awal-awal bulan eh udah kas bon lagi.
Tapi penghasilan setelah 4 tahun mencoba menjadi pengusaha, kalo dibandingin sama dulu masih jadi karyawan ibarat "langit dan sumur" jauuh banget.

40. Awalnya memang berat, tapi jangan pernah berhenti, lama-lama terus bergulir seperti bola salju.

41. Lihat dech kereta api, momentum awalnya memang berat kan ? tapi begitu udah jalan kenceng... seng ada lawan coyy

42. Kuncinya hanya dengan menikmati setiap proses.. jangan pernah berhenti, kerugian terbesar adalah disaat kita berhenti dan merasa gagal.

43. JANGAN FOKUS PADA MENGHINDARI KEGAGALAN TAPI FOKUS PADA MERAIH KESUKSESAN.

44. Resiko dalam bisnis ada 2 #1 resiko yang terkontrol    (control risk) 95% 2. resiko yang tidak terkontrol (uncontrol risk) 5%

45. Sebenarnya sebagian besar kegagalan terjadi karena control risk yang 95% yang sebenarnya bisa kita hindari

46. JADI, Mitos yang SALAH "BISNIS 95% kemungkinannya "GAGAL", fakta yang BENAR "BISNIS 95%" kemungkinannya SUKSES.

47. Jadi pengusaha bukan sama sekali ditentukan sama bakat, keahlian juga modal tapi ditentukan oleh MENTAL

48. Yuk kita bangun MENTAL pengusaha dulu, mau buka usaha apa juga YAKIN pasti sukses yang pentin ACTION dulu.

49. Buatlah "rencanamu sendiri" atau seumur hidup kamu akan selalu jadi bagian dari rencana orang lain.

50. Setiap TINDAKAN belum tentu membawa HASIL, tapi tidak akan pernah ada HASIL kalau tidak ada TINDAKAN.

    ACTION=TINDAKAN=SEKARANG=NGGAK PAKE ENTAR
    kita tidak akan pernah menyeberangi laut kalau hanya MENATAP airnya.

Demikian sharing Tangga Mimpi Jadi Pengusaha, semoga bermanfaat yaa & tx for nyimak dan RT

Apple iPad 2 MC769LL/A Tablet (16GB, Wifi, Black) NEWEST MODEL



Pemateri / Mentor  :  @ranggaumara (Founder & Brand Owner Pecel Lele Lela, CEO Lela International Corp).
Hari/Tanggal : Rabu/13 April 2011
Jam  : 20.00 WIB - 22.00 WIB
Tempat  : Aula Twitterland Pengusaha, Indonesia

Mentahan kultwit ini dapat diunduh di sini : TanggaMimpi.docx

No comments:

Post a Comment