pages

Wednesday, 15 June 2011

Bagaimana Melayani Konsumen

 

Kita mulai lanjutan td pagi yah bagaimana melayani konsumen menurut Susan A. Friedman dg Hastag #LK Layani Konsumen

1. Ketahui siapa bos sebenarnya, kt bisnis tuk layani konsumen mk pahami kebthan konsumen, dengarkan mereka #LK

2. Ingat yg membayar gaji kita dan membuat bisnis kita jalan adl konsumen so layani konsumen yg terbaik #LK

3. Jadilah Pendengar yg baik, luangkan waktu utk kbthan konsumen dg bertanya. & fokus yg ke yg mrk bilang #LK

4. Identifikasi n antisipasi kebutuhan konsumen, coz mrk tak hanya beli brg tp jg beli perlakuan yg baik n solusi atas masalah mrk #LK

5. Kadang konsumen itu bersikap emosional ketimbang berpikir logis makanya kt hrs pahami n antisipasi kebthan konsumen #LK

6. Apresiasi n jadikan Konsumen merasa penting, perlakukan scr individu, gunakan nama mrk n puji dg tulus so timbul Trust n Good feeling #LK

7. Semakin baik baik kt pahami konsumen, smkn baik jg antisipasi kebutuhan dg komunikasi reguler shg tahu masalah/kebthan yg akan muncul #LK

Apresiasi n jadikan konsumen merasa penting

8. Pahami bagaimana meminta maaf, ketika terjadi suatu hal buruk. Konsumen menyukainya, konsumen tdk selalu benar tp slalu hrs menang #LK

9. Upayakan pemecahan mslah secepat mungkin n infokan apa yg udah kt lakukan, hargai keluhan meski sakit #LK

10. Bantu konsumen memahami sistem kita , biar tdk kebingungan padahal kt sudah gunakan teknologi standart internasional misalnya #LK

11. Berikan service melebihi ekpektasi mereka, Coz ms dpn bisnis itu bgmn kt prtahankan kepuasan planggan. Pkirkan cr tngkatkan layanan #LK

12. Dapatkan umpan balik scr rutin, dukung n welcome stiap usulan/kritikan yg kontruktif so dihslkan empati atas layanan kt #LK

13. Last but not least Treat karyawan dg baik, coz mrk konsumen internal kt. Aset kt teman sy bilang, say tx, respect n peluang maju #LK

Semoga sedikit sharing mlm ini bs menjadi solusi buat perkembangan bisnis kita tweeps, yg telat cek TL #LK tag nya yah, smg bermanfaat

 

Mentor : @hafizkrijal

Rabu  15 Juni 2011  08.30 WIB – Selesai

1 comment:

  1. Nice artikel.
    Point no 11, persis dengan yang di buku saya baca dulu. 'Melebihi ekspektasi'.

    ReplyDelete