Jam 8 Malem ini kita akan bahas pemasaran contextual melalui social media mohon bantuan RT-nya
Ok kita mulai ya tips pemasaran contextual melalui social media | saya kasih tag #context
Anda pernah makan lontong di hotel bintang 5? Tentu Anda akan menemukan harganya lebih mahal sampai 2 atau 3x lontong biasa #context
Nah rasa lontong di hotel tadi bagaimana? berbeda 2-3x lipat lontong di pinggir jalan?? belum tentu!! #context
Beberapa bulan yang lalu Rapper Jay Z menjual headphone-nya pribadinya seharga US$ 3000 atau sekitar 30 juta #context
bedanya sama headphone biasa apa? tidak ada!! Anda bisa membeli headphone sejenis dan masih baru dengan harga 6 jutaan #context
dua kasus tadi adalah contoh pemasaran dengan #context jadi bagaimana penerapannya dalam social media??
Pemasaran dengan #context dalam social media bisa kita bagi menjadi 5 bagian besar yaitu: Result | User | Brand | Timing | Forum
Nah karena #context ini bakal panjang jadi kita bikin berantai ya selama seminggu | kita bedah satu2 yuk mulai dari yang pertama ya: Result
Result adalah hasil yang ingin kita capai melalui social media | Tuliskan tujuan Anda terlebih dahulu #context
Dari sisi follower tujuan bisa kita bagi menjadi 2 bagian besar: Attitude dan Action #context
Attitude adalah perilaku atau pemikiran follower yang ingin kita rubah untuk mencapai tujuan kita #context
Misalnya dari yang tidak tahu menjadi tahu (awareness) atau dari yang memiliki sentimen negatif jadi positif (loyalitas) #context
Action adalah perubahan tindakan follower yang terjadi akibat pengaruh kita di social media #context
Misalnya membuat follower kita membeli barang yang kita jual atau menggunakan jasa kita (sales) #context
Nah sebaiknya tujuan kita harus bisa mencakup action dan attitude agar pemasaran melalui social media menjaid maksimal #context
menurut BJ Fogg's Behaviour Model ada beberapa komponen yang dapat menghasilkan Action dan mempengaruhi Attitude #context
1. Awareness: apakah follower kita kenal dengan kita dan mengetahui apa yang kita perjuangkan?? #context
2. Likability: apakah follower kita menyukai kita dan mendukung apa yang kita lakukan? #context
3. Trust: apakah follower kita percaya dengan kita dan menganggap kita kredibel? terutama untuk bidang yang kita kuasai #context
4. Motivation: apakah follower kita akan mengambil tindakan yang sama dengan yang kita inginkan untuk mereka lakukan?? #context
5. Ability: bisakah follower kita melakukan apa yang kita ingin mereka lakukan?? #context
dan yang terakhir atau ke-6. Trigger: apa yang menginspirasi follower kita untuk melakukan sebuah tindakan?? #context
fiuuuh banyak ya... kayanya malem ini itu dulu deh | besok akan kita bahas #context yang ke-2 yaitu: user
baca context2
Mentor : @fikryfatullah
Senin 13 Juni 2011 08.00 WIB – Selesai
Aula Twitterland Pengusaha Indonesia
No comments:
Post a Comment