pages

Sunday, 15 May 2011

Basic Courtesy in Business



Kali ini sy akan share salah 1 materi penting di YEA, yg ORIGINAL kita yg mencipta judulnya, "Basic Courtesy in Business" #YEAcourtesy
1. Tahukah Anda bhw kesuksesan ssorg ternyata tak hy dipengaruhi oleh kePintarannya saja, tp jg 'pinter-pinter' membawa diri #YEAcourtesy
2. Sering kita mendpt kasus dr siswa YEA, mrk 'merasa' telah membuat proposal yg baik, tp "Kenapa tetap ditolak?" #YEAcourtesy
3. Sy jwb: Bisa jd, sblm Anda presentasi, Anda telah DITOLAK oleh bawah sadar mrk (client Anda), Knapa? Courtesy! #YEAcourtesy
4. Ilmu ini sbnrnya turun-temurun menjd warisan yg berharga, tp sdh lapuk ditelan 'modernisasi', namanya: SOPAN SANTUN! #YEAcourtesy
5. Skrg ilmu ini dijual dg label "Sekolah Kepribadian", "Manner", pdhl ortu kita (mungkin nenek/kakek) mengajarkannya GRATIS. #YEAcourtesy
6. Ada pepatah,"Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung". Org yg sukses adlh org yg bisa membawa dirinya. #YEAcourtesy
7. Kerry L. Johnson dlm Sales Magic,"83% transaksi bisnis closed, krn pembeli MENYUKAI penjualnya", bkn semata produknya. #YEAcourtesy
8. Bgmn caranya mrk MENYUKAI ANDA? Nah inilah yg akan jd bahasan kita. Hy sj kita punya keterbatasan 140 char & teks. #YEAcourtesy
9. Ada 3 Elemen komunikasi: Kata2 (7%); Intonasi (38%); Bhs tubuh (55%). Jd, bhs tubuh & intonasi Anda lbh penting dr kata2. #YEAcourtesy
10. Contoh: ucapkan "Selamat pagi Bapak...". Dg intonasi yg beda (satu datar, satu dinadakan), direspon di bwh sadar berbeda. #YEAcourtesy
11. Hal ini bkn krn bawaan, tp LATIHAN! Para waiter di htl btg 5 berlatih hal yg serupa! Knapa? Agar DISUKAI para tamunya. #YEAcourtesy
12. Krn sy share sy terbatas kata2, cobalah amati intonasi krywn htl btg 5, dg klas melati, apa bedanya? Nyaman mana? #YEAcourtesy
13. Latihlah diri Anda me-miror intonasi yg mrk (btg 5) gunakan. Hasilnya akan lbh dahsyat! #YEAcourtesy
14. Bhs tubuh, amati jg bhs tubuh mrk, senyuman yg tulus spt apa, cara mrk menundukkan kepala tanda penghormatan. #YEAcourtesy
15. Coba tiru bgmn servis btg 5 melakukan, yakin Anda akan mendptkan respect yg lbh dr client Anda. #YEAcourtesy
16. Nah, bgmn dg kata2? Sapaan 'Bapak' dg 'Pak' atau 'Ibu' dg 'Bu', ternyata punya dampak yg berbeda! #YEAcourtesy
17. Bapak/Ibu, digunakan saat tidak menyebut nama. Pak/Bu, diikuti dg nama. Contoh: "Pak Adi'. Tanpa nama: "Baik Bapak!" #YEAcourtesy
18. Ingat: hindari menggunakan kata 'KALIAN' dlm bisnis, kesannya mengecilkan seolah anak2!!! #YEAcourtesy
19. Kata Anda, bisa dipakai jk menunjukkan kesetaraan. tp kurang sopan u/ org yg dihormati! #YEAcourtesy
20. Kata 'KAMU', hy cocok bagi yg sejajar atau lbh muda, itupun jk sdh akrab sekali. #YEAcourtesy
21. Kata2 yg berhubungan dg SAPAAN, sangat sensitif, membuat Anda tertolak scr bwh sadar, sblm Anda menjual! #YEAcourtesy
22. Lanjut... BAU MULUT kita, bagi sbgn org, apalagi yg prefeksionis, sangat mengganggu & tertolak scr bwh sadar! #YEAcourtesy
23. Sy pribadi, tak nyaman berbicara dekat dg org yg MULUTNYA BAU! Selain tak konsen, jg tak ingin lama2! #YEAcourtesy
24. Saking extremnya ttg hal ini, sy buat jokes ke siswa YEA,"Makan kapur barus dulu sono, biar wangi..." #YEAcourtesy
25. Cara tahu mulut bau? Tempelkan tangan Anda di mulut, berjarak 2 cm, tiup nafas Anda! Bau naga kan :p! Kecuali Anda pilek. #YEAcourtesy
26. Tipsnya: Tambah lubang2 di gigi Anda. Sikat gigi min 2x sehari--> sikat lidah Anda juga! Ngemut permen mint sering2. #YEAcourtesy
27. Bau Badan; ini gak beda jg dg bau jigong. Gak nyaman jk dekat dgn org yg keringatnya "SENGak!" #YEAcourtesy
28. Tips BB: Yg punya bau badan, mandilah dg sabun SULFUR, gunakan beda BB & deodoran u/ ketek. #YEAcourtesy
29. Hindari jg pakaian yg menimbulkan keringat. Selalu gunakan kaos dalam jika berkemeja. Pake parfum yg segar, tak menyengat. #YEAcourtesy
30. Nah, itu semua msh dlm batasan PERSIAPAN, sblm bertemu dg client Anda. Jk mrk nyaman, ngobrolpun betah lama! #YEAcourtesy
kita lanjut lagi minggu depan yaa stlh materi Simply Marketing! Ada pertanyaan?


lanjut dikit yaa...

31. Sedikit tambahan ttg berkata2... Sekali lagi, org yg tinggi tata kramanya, pasti disukai org, apalagi calon mertua :p #YEAcourtesy
32. Sayapun senang membawa murid YEA bersama sy, dg catatan memiliki tata krama yg santun! Malu jk bersama yg urakan. #YEAcourtesy
33. Dengarkan client Anda saat berbicara. Listen & Respon! Bkn cuma diem saja. Mengangguk, meng-iya-kan adlh respek. #YEAcourtesy
34. Bangunlah kesamaan2 selama berkomunikasi, jgn frontal menyalahkan jk tak setuju. Gunakan kata "Maaf", jk menyela. #YEAcourtesy
35. Kata2 "Mohon ijin Bapak..." & "Baik Bapak...", sungguh suatu poin dlm komunikasi Anda. #YEAcourtesy
36. Org yg 'Sok Pinter' dg menggurui client, malah krg disukai. Buat apa Anda menang debat, tapi kalah tender!!! #YEAcourtesy
37. Ayah sy berkata,"We may lose some battles to win the war". Mengalah & meninggikan org lain u/ kemenangan kita. #YEAcourtesy
38. Berikan kartu nama dg dua tangan, posisi kartu menghadap client, bahu & kepala agak menunduk, sambil berkt,"Silakan Bpk". #YEAcourtesy
39. Jk saling bertukar kartu nama, posisikan kartu Anda dibwh kartu mrk. Bisa jg berucap,"Maaf..." #YEAcourtesy
40. Jgn letakkan kartu nama Anda di pantat, dmkn jg dg kartu client Anda. Siapkan tmpt kartu nama khusus. #YEAcourtesy
41. Jk kmdn duduk di meja, letakkan kartu mrk diatas meja. Hal ini jg mempermudah menghapal nama, jk byk client skaligus. #YEAcourtesy
42. Jamuan Makan: Persilakan mrk duduk terlebih dahulu. u/ wanita diundurkan kursinya, lbh sopan. #YEAcourtesy
43. Persilakan mrk order makanan lbh dahulu. Jk bingung, berikan panduan,"Mau yg berkuah, goreng2 atau bakar Ibu?" #YEAcourtesy
44. Hindari order melebihi client. Misal, client order Nasi Goreng, jgn Anda order STEAK! Setdknya sejajar, dmkn jg dg minum. #YEAcourtesy
45. Curi poin dg melayani mrk, mengambil nasi & lauk u/ mrk. Tetap pertahankan higinitas. Jgn pegang bag tengah piring. #YEAcourtesy
46. Sendawa dikontrol yaa... Mau kentut ke toilet dulu... Jgn ngomong sambil ngunyah, MENJIJIKKAN! #YEAcourtesy
47. Diner; cari tmpt yg rilex tak bising, bisa ngobrol santai. Seafood pilihan yg bagus... #YEAcourtesy
48. HINDARI bicara bisnis saat DINER! Bicarakan apa yg client Anda sukai! Blm tentu keluarga lho... #YEAcourtesy
49. Diner adlh saatnya mengikat mrk dg hati! Sekali lg, HINDARI BICARA BISNIS! Kecuali mrk memaksa! #YEAcourtesy
50. Lunch; it's time to talk about biz! Cr fastfood, krn waktunya singkat. Warung Padang adlh pilihan yg bagus... #YEAcourtesy
51. Ingat: Jangan menunggu diusir atau mrk jenuh dg Anda. Pamitan pd saatnya, buat mrk setengah kangen/penasaran. #YEAcourtesy
52. Salami dg hangat, taruh posisi tangan kanan Anda dibwh, tangan dia di atas & tepuk dengan tangan kiri Anda! #YEAcourtesy
53. It is not about the message, but... delivering that makes the difference... Sekian #YEAcourtesy
Nite brosis, mau lanjutin ECamp lg nih...


The Complete Guide to E-mail Marketing: How to Create Successful, Spam-free Campaigns to Reach Your Target Audience and Increase Sales


Pemateri / Mentor  :  @JayaYea (Juragan |Young Entrepreneur Academy| Entrepreneur Camp).
Hari/Tanggal  : Sabtu-Minggu/30 April 2011 – 01 Mei 2011
Jam  : 23.00 WIB - 00.15 WIB
Tempat  : Aula Twitterland Pengusaha, Indonesia

No comments:

Post a Comment