pages

Sunday, 15 May 2011

Simply Selling




Materi malam ini: "Simply Selling! Bahan bakar bisnis Anda". Jam yg sama 20:00wib. IJnfo kawan2 yaa...
i.Simply Selling; bahan bakar usaha Anda... Selling adlh Closing!#YEAselling
ii.Selling sendiri bs dibagi menjadi 2: 1.B2B, ke instansi2; 2. Retail#YEAselling
iii.Beginilah alur Marketing: Positioning (strategy)--> Promotion (kampanye)--> Selling (closing). #YEAselling
1.1. Jk Promosi disebut sbg upaya menarik pelanggan (pull), Selling adlh upaya mendorong produk agar terjual (push). #YEAselling
1.2. Jd, materi ini akan berfokus kpd teknik2 bgmn menutup penjualan... namun... tanpa mengabaikan kepuasan pelanggan. #YEAselling
1.3. Ada yg berty kpd sy,Knapa sy tak menggunakan teknik Sensasional Over? Krn sy tak ingin over promise under deliver. #YEAselling
1.4. Ingat: nama baik Anda & kepercayaan customer kpd Anda, jauh lbh penting dr uang yg Anda dpt dari penjualan! #YEAselling
1.5. Renungkan kata2 diatas & marilah kita mulai... #YEAselling
1.6.Msh ingatkah:"83% transaksi bisnis CLOSED,krn pembeli menyukai penjualny",bkn semata produkny.Kerry L. Johnson (Sales Magic).#YEAselling
1.7. Artinya, saat Anda menjual produk Anda, sebenarnya Anda sdg menjual diri Anda. #YEAselling

2. TIGA TIPE PENJUAL: Order Seeker (pengejar order); Professional; Consultant. #YEAselling
2.1. Ciri2 Order Seeker: Fokus brg terjual; ngeyel u/ ketemu; pokoknya hrs beli; hubungan jangka pendek. #YEAselling
2.1a. Kesan dr customer: Beli hy sekali; gak mau ketemu lg; ke org lain,“Jangan dekat2 dia”. #YEAselling
2.2. Ciri2 Profesional: Fokus membina relasi; mencari wkt yg tepat u/ ketemu; gimana supaya dia beli; hubungan jika diperlukan. #YEAselling
2.2a. Kesan dr customer: Beli jika ditawari; masih mau ditemui; ke org lain,“Aku recomment dia”. #YEAselling
2.3. Ciri2 Konsultan: fokus customer puas; dicari customer; yg penting memberi solusi; hubungan langgeng spt teman, bhkn sdr. #YEAselling
2.3a. Kesan dr customer: Mencari-cari; senang kalo ditemui; “Aku percaya dia”. #YEAselling

3. Dari tiga tipe diatas yg manakah Anda? Tak ada yg benar atau salah. Tergantung jg dr produk & frekwensi pembeliannya. #YEAselling
3.1. U/ Produk2 yg skali jual & tak mengharap repeat order, order seeker adlh yg tepat. Bs jg Anda kombinasikan ketiganya. #YEAselling
3.2.Seorg penjual yg baik ternyt bknlah seorg yg pandai bicara,tp pandai berty! Justru srgkali kt 'MUAK' dg org yg 'nrocos' buta.#YEAselling

4. Hukum2 Penjualan: #YEAselling
4.1. Produk/Servis untuk DITAWARKAN bukan DICARI; jd jgn menunggu.. #YEAselling
4.2. 80% penjualan dihasilkan setelah kunjungan/telepon yang ke-5; 50% penjual MENYERAH setelah tlp pertama. #YEAselling
4.3. Smakin byk bertemu org, smakin byk menawarkan, smakin byk penjualan. There is no 100% success rate! #YEAselling
4.4. Remember: SW Principal! Some Will, Some Won’t, So What? Somebody else is waiting. #YEAselling

5. Persiapan; Sebelum menjual, apa saja yang harus kita lakukan ? #YEAselling
5.1. 100% BULAT YAKIN dengan produk/servis yang akan dijual. #YEAselling
5.2a. Product Knowledge harus dikuasai. Smakin Anda tahu, smakin Anda yakin. #YEAselling
5.2b. Smakin Anda tahu, smakin Anda mahir presentasi, semakin lancar menjawab pertanyaan. Practices makes prefect. #YEAselling

6. LIMA tips menjual: #YEAselling
6.1. Smile! Senyumman yg tulus, mencuri point lawan bicara Anda & mencairkan suasana. #YEAselling
6.2. Fokus ke pelanggan, bukan Anda. Smakin Anda tahu apa yg mrk inginkan, smakin Anda bs menutup penjualan. #YEAselling
6.3. Berikan pujian yg tulus, bkn pura2. Slalu ada sisi baik dr tiap org yg Anda temui. Temukan & apresiasikan. #YEAselling
6.4. Berikan solusi/manfaat, bkn komposisi produk! Sedikit pembeli yg tahu teknis, mayoritas hy mencari benefit. #YEAselling
6.5. Janjikan apa yg Anda dpt berikan & berikan lbh dari apa yg Anda janjikan--> inilah lingkaran kepuasan! #YEAselling

7. Rahasia CLOSING; menjual adlh mslh psikologis, yg dpt dipelajari, bkn sekedar bakat. #YEAselling
7.1. Hindari pertanyaan terbuka, spt:"Bagaimana mnrt bpk ttg produk kita?" (jwbnya bs ya & tdk!). #YEAselling
7.1a. 'YA' kecil ke 'YA' besar; stlh Anda mengetahui 'needs' mrk, ulangi dg menanyakan bbrp pertyan yg jwbnya 'Ya'. #YEAselling
7.1b. "Jd betulkah bpk mencari sebuah mobil u/ kelg bpk? Yg hemat BBMkah? Juga yg sparepartnya murah?" Max 5 pertanyaan. #YEAselling
7.1c. Ditutup dg pernyataan,"Pas sekali dg spesifikasi produk kami........" #YEAselling
7.2. Berikan 2 pilihan YA; "Bpk mau beli cash atau melalui bank?"; "Sukanya warna hitam, putih atau merah?" #YEAselling
7.3. Testimoni, ngecap tdk lgsg; u/ produk tertentu, seringkali memerlukan bukti dr pengguna sblmnya. #YEAselling
7.4. Follow up sebisa mungkin dlm 2x24jam. Jk tdk, kemungkinan mrk akan menjadi 'cool prospect' lg. #YEAselling

8. Tanda-Tanda Closing; gerakan2 tubuh, kata2 & intonasi seseorg adlh cerminan hati, ya, tidak, atau ragu2. #YEAselling
8.1. Gerakan mulai mengikuti gerakan Anda; artinya scr bwh sadar mrk telah 'suka' dg Anda, siap u/ closing. #YEAselling
8.2. Mengusap-ngusap dagu; aneh, tapi nyata! #YEAselling
8.3. Mulai menanyakan pertanyaan pribadi; artinya ia mulai interes kpd Anda. Kecuali Anda wanita & ia laki2 mata keranjang :) #YEAselling
8.4. Mengeluarkan 'pertanyaan closing',"Ada warna biru gak?", "Brapa lama sy bisa dpt barangnya?","Bisa kirim kapan?" #YEAselling

9. FORMULA CLOSING--> D + V + Fs > R ; #YEAselling
9.1. D=disatisfaction,ketdkpuasan thd sesuatu; V=vision,iming2 kenikmatan; Fs=first step,langkah awal; R=resistance,hambatan. #YEAselling
9.1a. Contoh: D=kepanasan; V=pakai aircon; R=mahal; Fs=bisa cicil, dp rendah--> closing deh... #YEAselling

10. "Sebaik-baiknya ilmu adlh yg diasah dg praktek, bkn sekedar teori saja"#YEAselling


Instant Promotions (Instant Success Series)


Mentor  : @JayaYEA

Rabu 04 Mei 2011, 20.00 WIB – Selesai, 
Aula Twitterland Pengusaha

No comments:

Post a Comment